Tips Sederhana Foto Macro Wildlife

 on 7/25/2014  

Jepret.  Fotografi memang menarik, menghasilkan beberapa aliran antara lain, landscape, wildlife, macro, still life, human interest, model dan lain-lain.  Diantara berbagai macam fotografi tersebut landscape dan macro adalah kesukaan saya, terutama macro hewan-hewan kecil.  

Untuk fotografi landscape yang perlu diperhatikan adalah waktu pemotretan, hal ini berkaitan dengan pencahayaan, ada yang suka pada saat matahari terbit, matahari tenggelam, pagi saat matahari masih rendah, atau malam, night landscape.  Foto landscape biasanya yang jadi objeknya tidak bergerak dan berubah cepat, misalnya gunung atau pantai, objeknya tidak akan kemana-mana, kita tinggal menentukan pada saat apa mau memotret, misal pada saat langit cerah atau saat hujan misalnya. 

Pada fotografi macro hewan kecil, yang jadi objek seperti kumbang, kupu, semut, laba-laba, ulat dan hewan kecil lainnya pada umumnya kita akan menyesuaikan dengan saat objek lagi aktif (biasanya pagi hari).  Terkadang kita menemukan hewan kecil unik, seperti ulat yang berwarna unik, pada saat mau dijepret, ternyata cahaya alami (matahari) tidak memungkinkan, bisa jadi lagi mendung, kepagian atau terlindung pepohonan sehingga memerlukan pencahayaan tambahan seperti lampu blitz, tetapi terkadang cahaya tambahan mengurangi kealamian hasil foto. Atau kita menemukan objek yang baik, cahaya memungkinkan, tetapi latar belakan kurang bagus, tidak sesuai dengan selera kita, maka hal ini juga akan jadi masalah.

Salah satu cara mengatasi masalah pencahayaan dan latar belakang tersebut adalah dengan mempersiapkan wadah kecil untuk menyimpan serangga/hewan kecil tersebut selama memungkinkan.  Kalau dalam kondisi kurang cahaya atau latar belakan yang kurang bagus maka ambil dan simpan serangga tersebut dalam wadah kecil, tertutup, tetapi memiliki ventilasi udara, kemudian kita bisa menunggu pencahayaan alami yang ideal atau kita bawa ke tempat dimana latar belakang yang lebih bagus.  Tips sederhana ini bisa kita terapkan pada serangga yang tidak terbang dan tidak terlalu liar, seperti ulat, laba-laba atau luwing.  Selamat mencoba.

how to train your dgragon worm, ulat bertanduk empat

foto macro wildlife
Tips Sederhana Foto Macro Wildlife 4.5 5 Unknown 7/25/2014 Jepret.   Fotografi memang menarik, menghasilkan beberapa aliran antara lain, landscape, wildlife, macro, still life, human interest, model...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Jepret. Didukung oleh taRing All Rights Reserved.