Cara Mengatasi DOF Sempit di Foto Macro

 on 6/23/2013  

Jepret.  Untuk menghasilkan foto dengan detil yang tinggi kita harus mendekatkan lensa kamera pada objek, misalnya serangga atau setetes embun. Agar lensa bisa memfokus objek yang sangat dekat kita perlukan lensa macro atau lensa normal ditambah kaca pembesar (Raynox misalnya) di depannya, sehingga objek pun jadi tampak lebih besar.  Konsekuensi dari itu adalah dof (deep of field) yang sangat sempit (super bokeh), sehingga tidak semua bagian objek yang tajam, bila kita fokus pada bagian depan maka bagian tengah dan belakang akan blur.

Untuk menghasilkan foto macro dengan detil yang tinggi sekaligus tajam pada semua bagian objek, bisa diatasi dengan stacking focus, yaitu menumpuk beberapa foto yang sama tetapi berbeda fokusnya, salah satu software gratisan untuk masalah tersebut adalah CombineZM, silakan download di:
http://www.softpedia.com/progDownload/CombineZM-Download-78530.html

Buatlah beberapa foto dengan fokus yang berbeda, mulai fokus di depan, tengah dan belakang.
Bukalah program CombineZM yang sudah terinstal.
Buka (Open) foto-foto yang akan di stack, klik File pilih New.
Klik Macro lalu pilih Do Stack.
Tunggu sampai muncul hasil penggabungan foto-foto tersebut, simpan... selesai

Foto di atas dihasilkan dengan CombineZM dari 10 foto dengan fokus yang berbeda.

Cara Mengatasi DOF Sempit di Foto Macro 4.5 5 eer 86 6/23/2013 Jepret.   Untuk menghasilkan foto dengan detil yang tinggi kita harus mendekatkan lensa kamera pada objek, misalnya serangga atau setet...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Jepret. Didukung oleh taRing All Rights Reserved.